Hpi Bandung West Java – Indonesia Tourist Guide Association (ITGA)

Himpunan Pariwisata Indonesia DPD Jawa Barat

CONTACT HPI

Secretariat

Himpunan Pramuwisata Indonesia DPD Jawa Barat
The Indonesian Tourist Guide Association – Bandung West Java Chapter

Address:
Kantor Dinas Pariwisata dan Budaya Jawa Barat

Jl. LL.RE Martadinata 209 Bandung 40119

telp: (+62) 022 – 7234657  (Monday to Friday – office hours)

e-mail: hpibandung@hotmail.com

https://hpibandungwestjava.wordpress.com

54 thoughts on “CONTACT HPI

  1. Dear sir/mom

    we are from School of Foreign Language (STIBA) INVADA Cirebon with two study programs, these are Japanese and English language. We would like to cooperate with HPI Bandung west Java in order to our student can participate in HPI program.

    we would be grateful if we can cooperate. could you tell me what the requirement needed for it..We are looking forward to hearing your favorable reply.

    thanks
    my best regard

    Juwintan, SS
    (PR of STIBA INVADA)

    • Dear Juwintan
      Thanks for your comment. perhaps you have been waiting too long for my replay. This is because I have been personally very busy lately with all tourists coming to Bandung. By all means, your requests could be a good news for us. So far we have good cooperation with STPB (Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung) or Formerly called NHI, we have trained hundreds of students and engaged public talks for this school. Besides, we have cooperation with many districts in all over West Java province, such as: providing newly fresh local tour guides through preliminary training, course, oral examination up to field test (on certain tourist objects and in the tourist bus)
      If you are very interested in joining our program you may send your proposal to our office by fax/phone 022-7234657, adress:HPI Bandung jalan RE. Martadinata 209 Bandung.
      Dont be hasitated; as one of our program is to create professional human resources in tourist industry.
      Hopefully, this can trigger our good deed. Thanks
      Best Regard
      Iwan Parmal Saputra

  2. Dear HPI Bandung,

    saya mau tanya kalo fee guide untuk handle domestik di bandung berapa ya?thx

    best regards,

    Frans CSAS Djono

  3. Dear HPI Bandung

    Langsung saja saya ingin menanyakan apakah ada bahasa jargon yang digunakan oleh para tour guide di bandung?

  4. ada yang tamu belanda cari email dan contac number pak Felix.

    thanks
    ponk

  5. saya sangat tertarik dengan program hpi ini. saya pernah jadi guide tapi sekitar tahun 2000, saya ingin bergelut dibidang ini lagi tapi dimana ya kelompok atau perorangan para turis ini dan kalo dicianjur apakah sudah terbentuk dpc nya ? ,bisa kah saya gabung?

  6. salam kenal saya usep dari ciamis,

    sebelumnya saya mau menanyakan perihal persyaratan untuk menjadi pramuwisata , apakah persyartannya sulit , dan untuk pelatihan pramuwisata bisasanya kapan diselenggarakannya?

    mohon balasannya

    terima kasih

    • Salam teman Usep
      persyaratan untuk menjadi tour guide itu mudah:
      1. menyerahkan beberapa dokumen, al: KTP asli, Izazah terakhir asli, pas photo (3×4) 4 buah, (4×6) 4 buah, mengisi formulir dan permohonan untuk disertakan pada pelatihan tour guide di masa mendatang. Jangan lupa tinggalkan nomor Handphonenya.
      2.Bila telah dipanggil maka anda diwajibkan mengikuti beberapa test, yaitu berupa test lisan menggunakan bhs asing yg dikuasai. Test ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah anda sudah layak mengikuti pendidikan atau tidak. Materi yg diujikan yaitu kelancaran berbahasa asing, penerpan gramatika, wawasan kepariwisataan, dan attitude.
      3. Bila lulus maka anda akan diikutsertakan dalam sebuah pelatihan. Pelatihan ini meliputi beberapa materi yg wajib dikuasai oleh seorang tour guide yaitu: materi guiding technique, sejarah, biro perjalanan umum, P3K, etika, table manner dll.
      4. diakhir pendidikan maka anda akan mendapatkan test tertulis untuk mengetaahui sejauh mana anda dapat menguasai atau memahami theory2 dan materi yg diajarkan.
      5. Selanjutnya anda akan menghadapi sebuah test yg paling mendebarkan yaitu test lapangan. Di sini anda harus tampil menyakinkan sebab anda akan diminta berbicara dalam bus dan menerangkan apa apa yg dilalui layaknya seorang guide yg sudah jadi.
      6. Bila anda lulus maka anda akan diminta untuk membuat sebuah tulisan atau makalah tentang kepariwisataan
      7. Mentoring adalah kegiatan selanjutnya yg harus anda ikuti. Dalam mentoring ini anda akan dapat gambaran cara kerja seorang guide di lapangan. Mentoring meliputi 2 bagian, yang pertama adalah dilakukan dengan cara anda menerangkan layaknya seorang guide dan mentor anda membimbing dengan memberikan beberapa penjelasa, evaluasi dan saran, yg ke dua adalah anda (Meelopen:Bhs Belanda) yang artinya anda akan diberi kesempatan untuk ikut dalam tour yg sebenarnya. Anda berkesempatan milihat, mempelajari secara langsung dari guide seniornya yg sedang melaksanakan tugas.

      Gimana teman Usep mudahkan?..
      Oh ya untuk kapan pelatihan itu dilakukan, kami tidak dapat sebutkan karena biasanya kami bekerja sama dengan Disparbud untuk menentukan waktu yg tepat. Tapi anda jangan khawatir jika anda telah mendaftar dan meningglakan nomor HP anda maka kami pasti akan menghubungi anda. Ok Selamat mendaftar.

  7. butuh guide untuk tgl 5-6 aug . apa kah masih ada .. ??

    tq

  8. assalam..
    saya nurmala dari UPI jur manajemen pemasaran pariwisata..
    pengen banget jadi tourguide,kalo bahasa yg dikuasai itu ga spesifik kan boleh apa aja?

  9. salam kenal dari kami, kartika siwi tour kendal jawa tengah….
    rencana tgl 26-27 nov besok kami membawa paket rombongan wisatawan lokal ke bandung, sejumlah 44 orang dg armada bigbus, bisakah kami dibantu guide lokal untuk mendampingi rombongan kami, thanks….

    • Sahabat Kartika.
      Wooow dengan senang hati kami akan bantu. Kalau boleh beritahu program kunjungannya seperti apa. Email saja ke hpibandung@hotmail.com
      Nanti akan kami siapkan guide yg paling cocok utk kunjungannya . Tks

      Salam

      • sdh saya email…intinya, peserta 44 rata2 sdh berkeluarga, wisata susu manufacturing lembang, tangkuban perahu, ciater, ci walk, cibaduyut / pasar baru.
        diharapkan perempuan, sabar, dan paham betul lokasi wisata bandung dan sekitarnya.
        thanks atas bantuannya….kami tunggu secepatnya informasinya

      • Salam Pariwisata

        Mohon maaf yg sebesarnya saya baru dapat balas email bapak sehubungan kesibukan saya. Permintaan bapak akan segera kami tindak lanjuti sesuai dengan permohonan bapak. Untuk mempermudah kerja kami mohon kiranya beri kami informasi mengenai: 1. Pintu kedatangan bapak sekalian, dimana dan jam berapa penjemputan/pertemuan di day 1? 2. Itinerari (susunan program kunjungan) di hari pertama dan kedua beserta tanggal2nya, 3. Hotel bapak tempat menginap dan pintu keluar dari Bandung.

        Untuk lebih efektif bapak/ibu bisa langsung hubungi via tlp/ sms saya di HP: 08122386968

        atau langsung kepada guidenya (perempuan Nama Husnul Hanifah HP: 08562122623)

        Terimakasih dan selamat berlibur

        Iwan Parmal Saputra HP: 08122386968

  10. thanks pak iwan atas smua infonya, jadwal perjalanan dsb sbgnya secepatnya kami susulkan, smoga ini langkah awal dari kerjasama antara biro wisata kami dengan HPI Bandung….

  11. Dear HPI Bandung, saya tertarik untuk mengikuti pelatihannya… kira-kira berapa biaya pelatihan yang biasa diminta?

  12. Salam pariwisata,
    Berapa standard guide fee untuk daerah Jawa Barat tahun 2011?
    Trims.

  13. Saya lulusan salah satu sekolah pariwisata di bandung. Saya mau bertanya soal perubahan nama yang disertifikat HPI harus gimana ? Terima kasih

  14. Dear HPI Bandung,

    saya butuh 1 guide bahasa mandarin untuk tanggal 16-18 Nov. bisa minta info no.kontaknya? pls reply ASAP

    Thks
    Isna

  15. kapan ada pembukaan anggota baru HPI, saya sangat tertarik karena background saya dari pariwisata dan pernah bekerja sebagai Tour Leader.
    makasi.

  16. Dengan Hormat Pak Iwan P.S.,

    Perkenalkan saya Edu Pareira dari Cascade Factory Outlet Jalan Riau 65. Dalam rangka meningkatkan penjualan kami, maka dari sisi tamu yang datang ke Toko kami, maka kami mengajukan guide-guide yang biasa membawa turis asing maupun lokal untuk datang ke toko kami untuk urung rembug kebutuhan dari para guide diselaraskan dengan kebutuhan kami tersebut diatas, dan untuk waktunya akan ditentukan kemudian. Bisa minta nama2 guide dan no telponnya ? mohon informasinya.

    Salam,

    Edu Pareira

  17. saya fasya, taun ini saya lulus dari smk pariwisata jogja. saya ingin menjadi guide di bandung. kira-kira untuk lulusan smk apakah bisa? bagaimana tahapannya? terimakasih

  18. Selamat siang. Saya beberapa kali mencoba menghubungi no telepin kantor. Tapi tidak ada yang menerima telepon
    Apakah ada kontak yang lain? Terimakasih.

  19. Selamat Siang pak Iwan,
    Perkenalkan nama saya Azhar Rasjid dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat. Kami hendak mengadakan acara Sosialisasi Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. Calon peserta kami adalah orang-orang yang berhubungan langsung dengan wisatawan mancanegara.
    Sehubungan dengan acara itu, kami mohon bantuan bapak untuk memberi saran kepada kami. Terima kasih atas perhatiannya.

  20. Saya sedang memerlukan HPI certified english speaking tour guide untuk 4-6 Oktober 2014. Mohon dapat menghubungi saya via 082154050790 atau invite pin BB saya 27F4916F atau langsung kirim cv ke info@zigra.co.id URGENT

  21. Selamat pagi.
    Perkenalkan nama saya Yesi, dan saya baru lulus dari program studi bahasa dan sastra jerman.
    Saya ingin sekali menjadi seorang tour guide, saya ingin bertanya bagaimana cara bergabung dengan HPI Bandung? karena saya tertarik untuk menjadi tour guide di HPI Bandung.
    Mohon informasinya.
    Terima kasih.

    • Hi Yesi
      Makasih atas komennya. Kalau Yesi berdomisili di Jawa Barat bisa langsung ke sekretariat HPI jabar jl. LE. RE. Martadinata (Riau) 209 Bandung dgn membawa photocopy lzazah, ktp dan photo 3×4 (3 buah) mengisi firmulir dan meninggalkan nomor hp/tlp yg dpt dihubungi utk diikutsertakan dlm pelatihan yg akan datang. Biasanya pasti akan dihub bila ada pelatihan baru.
      Gitu aja dulu yah. Mudah2an dpt membantu.

  22. Mohon di infokan Kapan Ada diklat pariwisata untuk tahun 2015. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s