Hpi Bandung West Java – Indonesia Tourist Guide Association (ITGA)

Himpunan Pariwisata Indonesia DPD Jawa Barat

CARA TOUR GUIDE MEMBURU INFORMASI BY Iwan Parmal Saputra

Tinggalkan komentar


Berprofesi sebagai pemandu wisata tentunya tidak akan pernah lepas dengan pencarian ide ide baru, baik itu berupa informasi maupun teknik2 baru. Suatu informasi dan teknik2 baru perlu dikembangkan karena pada khakekatnya kedua hal tersebut akan mengalami penurunan nilai sesuai dengan berkembangnya zaman. Sebuah informasi perlu diupdate setiap saat begitu pula teknik teknik guiding sekarang ini bahkan telah cenderung menjurus kesebuah cita rasa yang lebih tinggi yaitu seni guiding atau the art of guiding. Untuk itu maka para pemandu akan disibukkan dengan pencarian informasi dengan berbagai cara yang sesuai dengan minat dan kenyamanan masing masing.

Pencarian informasi bisa didapatkan melalui berbagai sumber bisa itu sebuh buku, koran, majalah, jurnal, data statistik, dll. Kegitan ini bukan saja akan menguras waktu dan keuangan akan tetapi juga menguras tenaga. Kenapa ? karena kita harus menyediakan waktu dan tempat khusus untuk melakukan itu semua. Untuk menghemat waktu dan keuangan gituuuuu lohhhh..tentu mesti dicarikan sebuah alternatif dimana setiap pemandu wisata dapat mengakses informasi tersebut kapan saja dan dimana saja (bisa di rumah, di bus, kedai kopi, bahkan di rumah pacar sekalipun…Sorry buat yang jomlo) sehingga tidak lagi terhalang oleh jarak dan waktu. Dengan demikian kita tidak akan terlambat dalam mendapatkan informasi termutakhir.

Lalu cara apa yang paling sesuai?….Internet itulah jawabannya.
Dengan internet siapapun apalagi guide tentunya akan mendapatkan sebuah kenyamanan tersendiri bila mengakses informasi sebab selain costnya murah dibandingkan dengan membeli buku atau berlangganan koran atau majalah setiap bulan, juga dapat memperoleh pilihan informasi yang sesuai dengan keinginan. Adanya search machine (mesin pencari ) membuat pencarian informasi bisa jauh lebih cepat dibandingkan dengan browse sebuah buku, koran ataupun majalah, selain itu kita dapat memperoleh informasi yang beragam dari berbagai sumber yang berbeda. Ini dapat merangsang ( jangan diartikan yang macam macam bro) daya analisis kita dalam menyikapi sebuah informasi.

Lalu bagaimana cara melakukan itu semua?…
Segala sesuatu berdasarkan rencana dan kesiapan kita. Namun cara yang paling mudah jelas tidak lagi pergi ke warnet karena menurut saya pribadi warnet adalah sarangnya virus yang setiap saat mengancam data data yang kita punya. Gimana dunk?…lama banget pake muter muter segala!!! sabaar bro caranya gampang, lakukanlah petunjuk seperti di bawah ini:

1. Siapkan mental: sebab yang mentalnya kurang kuat akan angin anginan dikemudian hari.
2. Siap malu bila diketahui nanti tidak dapat mengoperasikan komputer..makanya harus berani nanya.
3. Mengeluarkan kocek: untuk beli sebuah netbook ya ga mahal harganya cuma 2 – 4 jutaan. (bagi guide uang segitu dapat diperoleh dalam beberapa hari)..info: yang bilang mahal itu orang pelit alias kikir bin keked cucunya kedekut. Sorry tidak ada maksud menyindir bro!
4. Keluarkan uang utk kedua kalinya ..apalagi?….sabar bro..sebuah netbook (lap top kecil yang handy dan trandy) dan internet connection. Nah uang ini nanti digunakan untuk membeli seperangkat alat alat shalat…eh sorry… kaya dipernikahan ajah..maksudnya seperangkat alat internet connection berupa, modem, dan kartu perdana internet. Untuk modem yang bagus dan reliable bisa gunakan Huawei tipe E161(dijamin kenceng bro) harganya murah sekitar Rp. 330.000 dan kartu internetnya sementara yang paling terbagus menurut saya adalah “3 (three).
Cape juga nih nulis ..gini ajah supaya lebiih jelas ikuti info di bawah ini dah (saya dapatkan sumber ini dengan cara kopi paste ..hehe biar cepet )

Review Kecepatan Internet Unlimited 3

Referensi dari http://www.ogameslucky.com/review-kecepatan-internet-unlimited-3

by admin on July 4, 2010

Internet Unlimited 3

Rupanya perang tarif provider seluller bukan hanya pada biaya SMS, Telpon (Panggilan) ternyata perang tarif ini mulai merambah ke layanan Internet. Mudah-mudahan ini bukan sekedar perang tarif tapi lebih kepada penyediaan internet murah yang bisa dijangkau semua kalangan untuk berbagi kepentingan online seperti facebook, twitter dll.
Kali ini yang menarik perhatian saya adalah 3 (Three) yang ternyata memberikan penawaran menarik untuk tarif internet unlimited dengan harga super murah, cuma dengan Rp. 25.000 per bulan kita mendapat akses internet dengan kecepatan hingga 1,8 Mbps.
Dengan kuota mulai dari 500MB sampai 5GB, tri menawarkan solusi alternatif internet murah.
Cara daftar internet unlimited tri sangat mudah yaitu cukup dengan mengirim SMS ke 234 dengan format MAU kuota, anda sudah untuk berlangganan internet unlimited 3. Berikut ini adalah cara daftar internet 3 beserta daftar paket internet 3 (tri) :

KIRIM ke 234 (gratis) Kuota/Bln Tarif/bln
MAU 500MB 500 MB Rp. 25 ribu
MAU 1GB 1 GB Rp. 35 ribu
MAU 2GB 2 GB Rp. 50 ribu
MAU 5GB 5 GB Rp. 99 ribu

Untuk berhenti berlangganan internet tri, cukup kirim SMS ke 234 dengan format STOP (spasi) kuota, contoh anda berlangganan internet 3 paket 500MB, maka untuk berhenti berlangganan format SMS adalah : STOP (spasi) 500MB, kirim ke 234.
Setlah pemakaian internet melebihi kuota maka kita masih bisa menikmati layanan internet dengan kecepatan max 64kbps.
Pada dasarnya daftar internet tri ini sangat mudah, karena cukup melakukan SMS, kemudian nanti akan ada SMS balasan dari tri.
Review Kecepatan Internet Unlimited 3
Selain murah tentu saja kecepatan akan menjadi ukuran kualitas layanan internet murah, dan inilah kecepatan internet tri yang saya dapatkan:
Speed 3
Walau Sinyal HSPDA 1 Bar, kecepatan 3 bisa mencapat 178kbps
Kecepatan Tri
Ini lebih mantap lagi, kecepatan internet 3 mencapa1 445.55kbps
Setting User dan Password Internet unlimited 3 (tri) Pada Modem
Untuk dapat menikmati akses internet 3 dengan kualitas broadband HSPDA maka perlu dilakukan setting untuk user dan password three sebagai berikut:

APN : 3data
User : 3data
Password : 3data
Dial Number : *99#
Setting ini saya gunakan pada modem ZTE MF626
Bagaimana Cara Cek Sisa Kuota Pemakaian 3 Unlimited
Banyak dari teman-teman yang berkomentar bertanya bagaimana cara cek sisa kuota pemakaian internet 3, sayangnya sampai sekarang (setidaknya saat saya tulis artikel ini) tri belum menyediakan fasilitas untuk cek sisa pemakaian (quota 3), tapi seperti yang sudah saya sebutkan diatas, walau quota unlimited 3 sudah habis anda masih bisa online dengan kecepatan maksimal 64kbps. Jika pemakaian internet 3 unlimited sudah melebihi kuota maka akan ada SMS dari 3 yang isinya seperti ini
Name/Number: 9090
Time: 2010-07-04 21:09:28
Content: Kamu tlh melebihi kuota,kecepatan max 64kbps.Kirim FREE Nama Paket ke 234 utk dpt tambahan kuota dan kec.normal.Cth FREE 5GB ke 234 utk dptkan kuota 5GB(Rp99rb blmPPN).Pilihan:500MB,1GB,2GB,5GB.Info tarif:hub 200 atau tri.co.id/broadband

Kesimpulan Kecepatan Internet Tri
1. Browsing lumayan cepat, walau membuka beberapa tab sekaligus.
2. Halaman web yang mengandung file flash/animasi lainnya juga cepat tampil sempurna 100%
3. Lancar membuka blogspot terutama saat berkomentar (karena saya bermasalah dengan Indosat 3G yang tidak bisa berkomentar pada blog yang menggunakan mode kotak komentar embeded bellow post).
4. Lancar membuka YM (berbeda dengan Indosat 3G yang sering error / susah konek saat buka YM)
Pada intinya saya merasa cukup puas dengan kecepatan 3.
Tapi ingat, hasil yang saya dapatkan ini bisa saja berbeda dengan hasil yang akan anda dapatkan, karena akses internet dipengaruhi beberapa faktor seperti :
1. Tersedia atau tidaknya jaringan 3G/HSPDA.
2. Sibuk/padat atau tidaknya jaringan yang kita akses.
3. Kualitas sinyal yang kita dapat.
4. Hardware yang digunakan, terutama modem. Karena akses internet di PC menggunakan Hp sebagai modem akan berbeda kecepatannya jika dibandingkan dengan menggunakan modem 3G/HSPDA.
Catatan :
• Kecepatan HSPDA saat ini hanya bisa dinikmati di wilayah Jakarta & Surabaya ( saya sendiri di bogor masih bisa mendapat HSPDA walau 1 bar).
• 3G tersedia di wilayah Jakarta, Surabaya & Denpasar.
• EDGE tersedia di seluruh jaringan tri Indonesia.
• Tarif belum termasuk PPN 10%
• Langganan internet 3 diperpanjang otomatis per 30 hari.
• Jika pulsa tidak mencukupi maka otomatis akan didaftarkan pada paket yang lebih rendah (contoh ketika pulsa tinggal 30 ribu, dan anda daftarkan paket 1GB, maka otomatis anda hanya akan mendapat kuota yang 500MB)

Itulah sedikit review tentang kecepatan internet 3, sengaja saya tidak menggunakan tools/web untuk cek speed internet karena kurang relevan mengingat koneksi internet akan turun naik, jadi saya lebih pilih melihat speed yang ditampilkan oleh software bawaan modem ZTE MF626.

Semoga saja para provider Internet Indonesia akan terus meningkatkan kualitas koneksi mereka, bukan hanya selama masa promosi apalagi cuma perang tarif.
Kesimpulan akhir (sementara) kualitas internet tri unlimited:
Kecepatan :
Lumayan stabil dan cepat termasuk buat streaming youtube (belum pernah saya rasakan lancar membuka video di youtube selama pakai Indosat 3G).
Download :
Ziddu, kecepatan saya dapat 10-20kbps.
Rapidshare, kecepatan three saya dapat 10-50kbps (download video ukuran 11,17MB). Untuk yang lain belum saya tes.
Harga :
Super murah, cuma 25 ribu perbulan bisa online sepuasnya, tentu saja kecepatan akan disesuaikan setelah melebihi kuota, tapi jika dibandingkan dengan provider lain jelas ini sangat murah.
Kemudahan :
Internet dari tri ini sangat mudah digunakan, cuma lewat SMS kita sudah bisa menikmati internet sepuasnya, tidak seperti beberapa provider lain yang mengaruskan membeli modem khusus (biasanya CDMA) yang di lock, atau tidak usah pakai acara beli perdana (harganya lumayan muahaal diatas 100ribu) seperti Telkomflash, Indosat M2.
Hasil yang saya dapat belum tentu sama dengan yang akan anda dapatkan, setidaknya buat saya saat ini tri yang terbaik apalagi jika dibanding Indosat 3G.
Semoga bermanfaat.
Update :
Kekurangan Koneksi Internet Three

1. Rupanya three ini menggunakan shared IP, artinya sangat besar kemungkinan IP yang anda dapat digunakan juga oleh orang lain. Sistem shared IP biasanya akan bermasalah bagi pemain PTC, atau download2 gratisan seperti rapidshare dan paypal. Ini salah satu bukti bahwa tri menggunakan shared IP :
Pesan yang saya dapat saat membuka Neobux. Yang menjadi bukti bahwa ip tri di share.
Another user using your IP address already
viewed this advertisement in the last 24 hours…

2. Ada plugin wordpress yang menolak koneksi dari tri, entah apa nama pluginnya tapi sepertinya plugin anti spam yang mendeteksi IP 3 sebagai spammer karena ada blog yang tidak bisa diakses saat menggunakan tri, dan sepertinya masalah bukan pada server hosting yang menolak/ditolak provider 3, tapi pada blog yang bersangkutan, karena setelah saya cari blog lain yang menggunakan hosting yang sama, saya masih bisa akses.
Update #2
Buat yang sedang mencari cara setting hp untuk dijadikan modem menggunakan kartu 3, silahkan baca postingan berikut ini Cara setting Internetan Menggunakan HP Nokia sebagai Modem ke Komputer
Update #3
Karena banyak yang bertanya tentang perbedaan kartu 3 biasa dengan kartu perdana 3 internet maka saya jawab (sesuai keterangan CS 3 melalui email) bahwa ke dua kartu tersebut tidak memiliki perbedaan spesifik yang artinya semua kartu 3 bisa digunakan untuk berlangganan internet 3 unlimited selama saldo pulsa utama anda mencukupi, ingat pulsa utama bukan pulsa + bonus.
Cara Cek Sisa Kuota Pemakaian Internet 3
Untuk mengetahui berapa banyak pemakaian kuota 3 anda cukup sms dengan format INFO[spasi]DATA kirim ke 234. Tunggu sms balasan dari 3 yang memberikan informasi pemakaian internet 3, contohnya kira2 seperti gambar dibawah ini (saya cek kuota 3 dengan sms melalui modem)
Cek Sisa Pemakaian Internet 3
Solusi Gagal Daftar Internet 3
Belakang banyak yang tanya kenapa selalu gagal daftar internet 3 atau sudah kirim sms MAU tidak mendapat balasan juga, nah untuk mengatasi tidak bisa daftar internet 3 ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

1. Pastikan pulsa utama cukup untuk langganan internet 3, mulai 22 november 2010 harga langganan unlimited 3 untuk 500MB sudah naik menjadi 29.000 (belum PPN) jadi total ditambah PPN adalah 31.900. Ingat pulsa utama bukan pulsa + bonus, cek dulu saldo pulsa anda dengan cara *111*1#. Karena berdasar pengalaman saya kalau pulsa tidak mencukupi tidak akan mendapat balasan dari 3.

2. Kalau daftar dari hp bisa diakses dengan cara *234# & ikuti pentunjuknya.

3. Kalau 2 cara diatas belum mendapat jawaban juga ikuti saran dari abdul hakim , caranya adalah :
ikut bantu jawab ya, coba ketik MAU(SPASI)5GB, walau pulsa anda hanya cukup untuk register yang 500mb, nanti dapet balesan kalo anda bisa nikmati layanan data 500Mb.
ini pengalaman saya blum lama ini.
Itulah sedikit tambahan bagi anda yang tidak berhasil daftar internet 3 (jika tidak berhasil juga coba hubungi CS 3 supaya mereka cek nomor anda)

Selamat mencoba Bro…Ssssst bila udah punya semuanya ini internet tolong digunakan untuk yang baik2 ajah jangan lihat2 yang ga bener
entar bukan belajar malah kepanasan and kecanduan. Pak Haji bilang Terlaaaaaaluuuu. OK udah ah bro mau rehat dulu cape nih.

Penulis: Hpi Bandung West Java - Indonesia Tourist Guide Association (ITGA)

THE ONLY TRULY LEGAL TOURIST GUIDE ASSOCIATION IN WEST JAVA PROVINCE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s